Minggu, 25 Mei 2008

SUICIDE TREND

SuIcIDe TrEnD





nE2n9 boo_hAy : “gue pernah baca neh dari internet katanya Hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga tahun 1995 bahwa 185 dari 1000 anggota rumah tangga mengalami gangguan jiwa dengan angka bunuh diri 1,6 sampai dengan 1,8 per 100.000 penduduk (Panggabean, 2003). Sedangkan penelitian yang dilakukan Westa (1996) bahwa percobaan bunuh diri di Unit Gawat Darurat RS Sanglah Bali pada individu gangguan jiwa terbanyak adalah dewasa muda, wanita dan alat yang digunakan untuk usaha bunuh diri adalah zat pembasmi serangga.” (http://members.tripod.com/~cyberpsy/P13.htm).


nE2nG P’A : “mmm..,,dari ne2ng baca yahhh..Menurut Adam.K mereka yang mempunyai resikotinggi untuk terjadinya bunuh diri adalah pria, usia diatas 45 tahun, tidak bekerja, bercerai atau ditinggal mati pasangan hidupnya, mempunyai nwayat keluarga yang bermasalah, mempunyai penyakit fisik kronis, mempunyai gangguan kesehatn jiwa, tidak mempunyai hubungan keluarga yang baik, miskin dalam hubungan sosial atau cenderung mengisolasi diri.”(http://ad.detik.com/link/peristiwa/prs-zyrex012008.ad)



Aku adalah bagian dari mereka yang sering tertancap sesuatu digigiku, pisau maksudnya….


eNcEp : “iTu kEnapa cEhh..??”
nE2n9 gAteL >>”itu tuh perilaku kekerasan dan menyerang. Pada keadaan seperti ini yang paling utama kita harus bisa menentukan apakah karena gangguan fisik ataukah karena masalah mental. Untuk masalah mentalnya bisa disebabkan oleh:
- Gangguan proses pikir misal Skizofrenia
- Gangguan Manik/Episode Manik
- Depresi Agitatif/Episode Depresi
- Gangguan Cemas
- Reaksi Ekstra Piramidal
encEp : gimana cehh qt tau klo itu kekerasan..??
Ne2n9 gIrAng : masa gitu doang ‘ncep kasep ga tau.?Untuk menduga kemungkinan terjadinya perilaku kekerasan pada seorang pasien tidak mudah. Namun ada beberapa hal yang bisa menjadi petunjuk untuk diperhatikan, misalnya:
# Adanya ide-ide kekerasan disertai rencana dan sarana yang tersedia
# Adanya riwayat kekerasan sebelumnya
# Adanya riwayat gangguan impuls termasuk penjudi, pemabuk, penyalahgunaan zat psikoaktif,percobaan bunuh diri ataupun melukai diri sendiri, Psikosis.
# Adanya masalah dalam kehidupan pribadi yang nyata.
nE2ng gOnjrEng : “ gw pErnah denger katanya ada tradisi psikologi ilmiah tentang kekerasan, maksud’ya apa she boo..???
nE2n9 grAndOng : “Dalam tradisi psikologi ilmiah, setiap perilaku dipahami sebagai buah interaksi dua faktor: individu dan situasi. Ketika mendapati seseorang memukul, psikologi akan bertanya dua kali. Pertama, karakter apa yang dimiliki si pemukul. Kedua, sedang berada dalam situasi apakah ia ketika memukul. Namun, menurut teori bias atribusi fundamental (Ross 1977), analisis awam terhadap sebuah perilaku akan cenderung bias pada faktor individual, serta mengecilkan atau bahkan mengabaikan faktor situasi. Dengan kata lain, ada tendensi untuk menjelaskan pemukulan dengan menyalahkan karakter si pemukul, tanpa lebih lanjut mencermati situasi dan konteks di mana pemukulan terjadi.

0 komentar: