Minggu, 25 Mei 2008

APA ITU BUNUH DIRI ?

Apa itu Bunuh diri?
upaya yang disadari dan bertujuan untuk mengakhiri kehidupan, individu secara sadar berhasrat dan berupaya melaksanakan hasratnya untuk mati. Perilaku bunuh diri meliputi isyarat-isyarat, percobaan, atau ancaman verbal, yang akan mengakibatkan kematian, lika atau menyakiti diri sendiri (Iyus Yosep, 2007).

Trend Bunuh Diri pada Anak dan Remaja di Indonesia
Menurut Prayitno, pendataan mengenai kasus bunuh diri di Indonesia masih jelek. Dari data yang diambil di kamar mayat RSCM, misalnya, terdapat 1.119 kasus bunuh diri dari tahun 2004-2005. dari jumlah tersebut, 41% bunuh diri dengan cara gantung diri dan 23% menggunakan racun serangga, sisanya lagi karena overdosis.
Menurut Nadsiyah (http://www.indomedia.com/bpost/032005/12 Sabtu, 12 Maret 2005 01:08) dalam tiga bulan terakhir, Desember 2004 sampai akhir Februari 2005, tercatat 12 kasus bunuh diri, tiga diantaranya berhasil diselamatkan. Terakhir gadis ABG usia 19 tahun mencoba mengakhiri hidup dengan menyilet pergelangan tangan, namun diketahui keluarga dan ia masih tertolong.
Yang menarik, pelaku meliputi segenap golongan usia, antara 14 sampai 15 tahun. Latar belakang beragam, mulai soal asmara, pekerjaan, cekcok rumah tangga, ekonomi, hingga perasaan malu lantaran terlilit utang.

Faktor yang Berkontribusi pada Anak dan remaja
Menurut ahli psikiatri Kaplan Sadock (1997), “seorang anak yang berupaya bunuh diri sangat rentan terhadap pengaruh stressor sosial, seprti percekcokan keluarga yang kronis, penyiksaan, kehilangan sesuatu yang dicintai, kegagalan akademik, dan lingkungan yang buruk. Menurut hasil riset, ciri universal penyebab anak dan remaja bunuh diri adalah ketidakmampuan mereka memecahkan masalah dalam menghadapi percekcokan keluarga, penolakan, dan kegagalan.”

Jenis Bunuh Diri?
Ada 3 jenis bunuh diri yang bias diidentifikasi, yakni bunuh diri anomik, altruistik, dan egoistik. Jenis anomik adalah bunuh diri yang diakibatkan faktor stres dan juga akibat tekanan ekonomi.
Bunuh diri altruistik berkaitan dengan kehormatan seseorang “Harakiri” yang sudah membudaya di Jepang merupakan bunuh diri altruistik. Bunuh diri tipe egoistik biasanya diakibatkan faktor dalam diri seseorang. Seperti putus cinta atau putus harapan kerap membuat seseorang memutuskan untuk mengakhiri hidupnya.

0 komentar: